Faktor Penghambat dalam Pembelajaran Penjas

Faktor yang menghambat pembelajaran penjas antara lain : 

1. Sarana dan prasarana penjas yang kurang seperti peralatan dan lapangan 

2. Kompetensi pendidik yang kurang dalam memodifikasi suatu pembelajaran 

3. Guru yang baku dalam mengajar yang hanya melihat sarana yang ada 

4. Kurangnya perhatian dalam penjasorker karena dianggap sebagai pelajaran sampingan 

5. Kurang sadarnra pembelajaran pejas yang sebenarnya memiliki kandungan nilai kehidupan paling baik 

6. Sekolah yang krang memperhatikan sarana dan prasarana 

Upaya Penyelesian Masalah 

   Upaya yang dapat kila lakukan untuk mengatasi permaslahan tersebut antara lain dengan berupaya merubah pola pembelajaran penjasorkes. Semisal melalui permodelan penjas yang dibantu dengan alat yang sederhana da mengefektifkan tingkat ketercapaian penjas. Menggunakan sarana pra sarana yang minimal dengan dimodifikasi sebagai tempat belajar. 

   Contoh nyata dalam mengatasi sarana dan prasarana yang minimal yaitu dengan model pembelajaran. Pada pelajaran atletik, seringkali sekolah kekurangan alat yang dimiliki, karena dalam atletik dalah cabang yang sangat luas dan banyak. Missal tolak peluru, kita dapat membuat permodelan tolak peluru menggunakan alat yang sederhana, seperti kertas yang dibuat bulat dan padat, atau menggunakan bola plastic seukuran peluru yang banyak kita temukan di pasara-pasar. 
Pembelajaran Penjas
    Permodelan tidak hanya itu, mengatur perauran permainan olagraga yang sederhana dan menyesuaikan psarana lapangan atau alat juga dapat dipakai. Semisal, cabang olahraga bola voli, permainan dibuat dengan tim yang lebih dari enam anak, sehingga mereka bisa aktif dan bergerak serta memahami proses pembelajaran cabang bola voli. Masih banyak permodelan untuk cabang lain yang bisa kita gunakan, begitu pada cabang-cabang yang lai. 

   Pada hakekatnya, keberhasilan ketercapaian penjas adalah didalam kompetensi, siswa mampu melakukan gerakan yang baik dan benar. Begitu pula dalam cabang olagraga yang lainya. Karena hal itu, pembelajaran penjas dapat maksimal meskipun alat sarana dan prasarana yang menunjang sangat minimal

No comments:

Post a Comment