Pemanduan Bakat Sport Search

Untuk mencapai prestasi olahraga yang maksimal dipengaruhi oleh banyak faktor. Bakat atau atitude merupakan salah satu faktor yang mempunyai andil untuk mendukung pencapaian prestasi olahraga. Bakat merupakan sayarat mutlak yang harus dipenuhi oleh seseorang yang berlatih olahraga. Bakat merupakan  potensi atau kemampuan seseorang yang sifatnya bawaan sejak dari lahir.
Setiap individu sebenarnya terdapat semua faktor yang diperlukan untuk berbagai cabang olahraga, hanya saja dengan perbandingan porsi, kombinasi maupun intensitas yang berlainan. Pada umumnya dalam mengidentifikasi tentang faktor-faktor bakat yang dilakukan adalah membuat urutan (rangking) mengenai faktor-faktor bakat pada setiap individu.
 Seseorang dikatakan berbakat dalam olahraga artinya, dalam dirinya terdapat ciri-ciri yang dapat dikembangkan menuju keberhasilan yaitu prestasi yang lebih tinggi dalam cabang olahraga tertentu. Untuk itu ciri-ciri yang terdapat dalam diri seseorang atau individu perlu dikenali, agar diperoleh potensi yang sesuai tuntutan cabang olahraga yang akan ditekuni. Oleh karenanya, untuk mendapatkan bibit-bibit pemain bola basket yang berbakat  perlu mengenali dalam diri seseorang melalui pemanduan bakat.
Mengenali ciri-ciri yang terdapat dalam diri seseorang atau individu sangat penting, agar diperoleh bahan baku atau bahan mentah yang dapat dikembangkan secara maksimal. Hal ini sering disebut dengan pemanduan bakat, maksudnya adalah mengenali ciri-ciri atau mengidentifikasi kemampuan potensi seseorang yang dapat dikembangkan dan lebih daripada kemampuannya.
Pemanduan bakat olahraga model sport search merupakan suatu metode pemanduan bakat yang relatif baru di Indonesia. Pemanduan bakat model sport search  berasal dari Australia. Sport search merupakan suatu pendekatan yang unik dan inovatif untuk membantu anak agar dapat membuat keputusan-keputusan yang didasari pada informasi mengenai olahraga, tidak hanya menarik tetapi juga sesuai dengan anak.
Pemanduan Bakat Sport Search
Pemanduan bakat model sport search merupakan suatu metode untuk menilai kesegaran jasmani, untuk menentukan olahraga yang sesuai dan merupakan suatu basis mengenai peluang-peluang olahraga. Dalam pemanduan bakat model sport search siswa melaksanakan 10 macam item tes yang sesuai untuk pengembangan profil kinerja siswa. Kesepuluh macam item tes tersebut adalah : tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, panjang rentag kedua lengan, lempar tangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40 meter dan lari multitahap.
Dari hasil tes dan pengukuran kesepuluh item tes tersebut, kemudian dikonsultasikan dengan norma yang telah ditetapkan di Australia. Dari hasil pencocokan tes dengan norma tersebut maka akan diketahui apakah seseorang memiliki potensi dalam cabang olahraga yang ditekuninya atau berbakat pada cabang olahraga lainnya.

No comments:

Post a Comment