SEPAK BOLA


1.Teknik dasar sepakbola
            Untuk bermain sepakbola dengan baik,pemain teknik dasar yang baik.pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dan menendang (kicking),menghentikan (stopping),menyundul (heading),merampas (tackling),lemparan ke dalam (throw in ) dan menjaga gawang (goal keeping).

A. Menedang (Kicking)
            Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepak bola yang paling dominan.
Tujuan menendang bola adalah untuk mengumpan (passing), menembak kegawang (shooting at the goal) dan menyapu untuk menggagalkan serangan lawan (sweeping).
            Adapun macamnya :
  1. menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam
  2. menendang dengan menggunakan kaki bagian luar
  3. menendang dengan menggunakan punggung kaki
B. Menghentikan bola (stopping)
            Penggunanya bersamaan dengan tekhnik menendang bola.
Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk di dalamnya untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan dan memudahkan untuk passing.
            Bagian badan yang digunakan untuk menghentikan bola adalah kaki, paha dan dada.
            Adapun macamnya dapat menggunakan dengan :
  1. kaki bagian dalam
  2. telapak kaki
  3. paha
  4. dada
 
C. Menggiring bola (dribbling)
            Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus-putus oleh karna itu bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola.
Tujuannya antara lain untuk mendekati jarak ke sasaran,melewati lawan dan menghambambat permainan.
 
D.Menyundul bola (heading)
            Menyundul bola pada hakeketnya sama dngan memainkan bola dengan menggunakan kepala.tujuannya adlah untuk mengumpan,mencetak gol dan mematahkan serangan lawan/membuang bola.
 
2.Teknik Dasar sepakbola menurut:

Danny Mielke
A. Dribbling
            Prinsip utama yang harus diiingat bahwa dribbling digunakan untuk tembakan yang lebih baik atau memberiklan waktu pada teman satu team untuk mencari posisi yang lebih baik.kuncinya adalah perencanaan kedepan,akan membantu dalam membuat keputusan yang tepat tentang kapan menggiring bola atau mengoperkannya kepada teman satu team.

B. Juggling (menimang bola)
            Melakukan juggling adalah cara yang paling bagus untuk mengembangkan reaksi yang cepat,control bola dan meningkatkan konsentrasi yang diperlukan agar bisa berperan dengan baik didalam permainan.
            Kemampuan untuk melakukan juggling dengan baik adalah pengembangan kepercayaan diri yang sangat kuat.ketika kamu dapat melakukan juggling secara  berulang-ulang,kamu dapat menciptakan banyak peluang dalam situasi permainan.
Juggling dapat menggunakan dada,paha dan kepala.

C. Passing (mengoper)
            Passing adalah seni memindahkan momentum bola dari pemain satu ke pemain yang lain dalam satu team..

D.Trapping (Menghentikan bola)
            Trapping terjadi ketika seorang pemain menerima passing atau menyambut bola dan mengontrolnya sedemikian rupa sehingga pemain tersebut dapat bergerak dengan cepat untuk melakukan dribbling,passing atau shooting.

E.Throw-in
            Penggunaan throw in yang benar dapat menciptakan banyak peluang untuk mengontrol bola dan mencetak selama pertandingan.
Salah satu keberhasilan throw-in adalah KOMUNIKASI.

F.Heading (Menyundul bola)
            Salah satu ciri yang unik dalam pertandingan sepakbola adalah boleh mamainkan bola dengan kepala.

G.Shooting
            Cara yang paling tepat dalam melatih shootung adalah melatih tendangan shooting berkali-kali dengan menggunakan teknik yang benar.

3Teknik dasar sepakbola menurut:

Clive Gfford

1.Kontrol bola
            Bola dapat menggelinding dengan cepat dilapangan.meredam dapat membantu kita untuk mengontrol bola.jaga tubuh tetap santai dan seimbang.

2.Mengumpan
            Mengumpan adalah keterampilan yang penting untuk dikuasai.umpan menghibungkan ke semua pemain di seluruh bagian atau lapangan dan memungkinkan team untuk membangun serangan.latihlah kemampuan mengumpanmu sesering mungkin dengan meniru pemain hebat.
Berlatihlah yang lebih keras terutama pada kaki yang lebih lemah.pemain yang mengumpan sama bagusnya dengan kedua kakinya sering menjadi pemenang.

3Menyundul
            Menyundul bola tidak akan terasa sakit jika dilakukan dengan teknik yang benar.jika khawatir untuk menyundul maka berlatihlah dengan bola yang tidak terlalu keras.untuk meningkatkan keterampilan.

No comments:

Post a Comment